Sidebar

"Selamat Datang Di Blog KJL SMA Negeri 1 Wringinanom Gresik"

Minggu, 28 November 2010

Keramba Ikan

Sungai merupakan aliran air yang besar (Shaddily Hassan, 2001) dan salah satu sumber air. Sungai yang melintasi desa Penambangan dan desa Jeruk Legi kecamatan Balongbendo kabupaten Sidoarjo adalah sungai Pelayaran yang merupakan cabang dari sungai Brantas. Kali Pelayaran bermuaran dari sungai Brantas yang dibendung DAM Lengkong kemudian ke Pur (Voor) Kanal 1 dan 2 dan mengalir ke DAM Pajaran. Selanjutnya dipecah lagi menjadi dua yaitu ke arah kanan dikenal dengan kanal Porong dan kearah kiri dikenal dengan kanal Mangetan. Air kanal Mangetan mengalir hingga DAM Bakalan. Dari DAM Bakalan air mengalir ke arah kiri menuju kali Pelayaran. Kemudian kali Pelayaran tersebut mengalir hingga pecah lagi ke Kali Surabaya di Karang Pilang, Surabaya.
         Kali Pelayaran memiliki peran yang sangat penting sebagai sumber air yang diolah PDAM untuk kegiatan domestik masyarakat sekitar, kegiatan pertanian, kegiatan peternakan dan industri. Kali Pelayaran dibagian hulu banyak dicemari oleh berbagai aktifitas manusia, baik industri maupun domestik.
  Kali Pelayaran mempunyai panjang 20 km. Sepanjang aliran air Kali Pelayaran terdapat banyak sekali beragam fenomena yang dapat dilihat, salah satunya pembudidayaan keramba. Keramba sebuah alat untuk bertani ikan di dalam air khususnya pada air sungai.
  Berdasar pemantauan, kondisi perairan disekitar keramba sangat bersih. Jarang ditemui sampah dan juga saluran limbah rumah tangga yang dibuang ke sungai. Mengapai hal ini terjadi ? Mungkinkah perilaku masyarakat yang menyebabkan hal demikian ?. Inilah yang harus kita pikirkan............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar