Sidebar

"Selamat Datang Di Blog KJL SMA Negeri 1 Wringinanom Gresik"

Minggu, 28 November 2010

River Defender

“STOP DURHAKA PADA AIR”

Oleh  Cynthia Diadora
Air merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup. Air memiliki fungsi yang sangat vital bagi segala aktivitas makhluk hidup. Misalnya sebagai bahan baku air minum, industri , peternakan, rumah tangga maupun sebagai pembangkit listrik. Air merupakan salah satu benda terbanyak didunia, karena lebih dari ¾ bagian bumi terdiri dari air. Air juga merupakan bagian terpenting dari tubuh makhluk hidup. Kali Surabaya merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat serta  dimanfaatkan sebagai bahan baku PDAM, kegiatan industri dan pertanian yang  dilakukan oleh masyarkat sekitar Kali Surabaya.
          Seperti kita ketahui kondisi perairan saat ini sangat memprihatinkan hal  tersebut  dikarenakan banyaknya industri yang membuang limbahnya ke Sungai tanpa diolah terlebih dahulu dan banyak masyarakat sekitar sungai yang membuang limbah domestik  ke Kali Surabaya. Akibatnya banyak warga sekitar muara limbah mengeluh terhadap kualitas air yang jelek dan mengakibatkan timbul berbagai penyakit, sumur –­ sumur masyarakat yang terkontaminasi oleh logam ­logam berat akibat pembuangan limbah industri. Serta banyak  warga yang harus berjalan bermil - mil meter untuk mendapatkan akses air yang bersih dan harus membayar dengan harga yang  sangat mahal. Padahal setiap orang berhak untuk mendapatkan air yang bersih dan murah.
         Oleh karena itu, di dalam aplikasi ini diajukan gagasan mengenai “EDUHAI (education Hak Atas Air )”  yang merupakan sebuah pusat informasi mengenai air. Selain kita membuat pusat informasi kami juga melakukan wisata limbah. Didalam wisata limbah ini kami mengajak remaja sekitar aliran  limbah untuk melihat sumber limbah dengan memakai sepeda ontel serta mereka diajak untuk memantau kualitas limbah tersebut. Setelah melihat sumber limbahmereka diajak untuk menanam pohon disekitar bantaran Kali Surabaya. Kemudian mereka diajak untuk syaring di EDUHAI(education Hak Atas Air ).
Tujuan :
1.      memberikan informasi kepada masyarakat mengenai kondisi perairan Kali Surabaya.
2.      masyarakat bisa tahu Hak - haknya Atas Air yang besih dan murah
3.      menumbuhkan kesadaran para pengusaha industri  sekitar sungai untuk tidak mencemari sungai.

Aktivitas Projek


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar