Sidebar

"Selamat Datang Di Blog KJL SMA Negeri 1 Wringinanom Gresik"

Minggu, 28 November 2010

SENSUS SERANGGA AIR Bagian 4 (Habis)

Cara Mudah, Murah, Manfaat dan Massal Dalam Pemantauan Sungai

1.   Penjelasan Singkat Proyek
Air merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat. Air memiliki fungsi yang sangat vital bagi segala aktifitas makhluk hidup. Misalnya sebagai bahan baku air minum, industri, peternakan, rumah tangga maupun sebagai pembangkit listrik. Salah satu sumber air utam di Jawa  Timur ialah Kali Surabaya.
Kali Surabaya merupakan bagian dari DAS Brantas yang mempunyai Daerah Pengaliran Sugai (DPS) seluas 12.000km2, panjang aliran sungai Brantas secara keseluruhan mencapai 320km, berawal dari mata air yang bersumber di lereng gunung Arjuna Malang dan mengfalir melewati 9 kabupaten atau kota lain yang di Jawa Timur. Kali Surbaya mengalir sepanjang 41km, mulai dari DAM Mlirip Mojokerto sampai DAM Jagir Surabaya (Ecoton, 2006).
Kali Surabaya merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat di daerah aliran sungai tersebut. Air Kali Surabaya dimanfaatkan sebagai bahan baku PDAM, kegiatan industri dan pertanian, dilakukan masyarakat sekitarnya.
Namun, kondisi kualitas air Kali Surabaya mulai mengalami penurunan hal tersebut dirasakan sejak dimulainya era industrialisasi di aliran Kali Surabaya. Selain itu, hal ini juga disebabkan karena perilaku masyarakat yang kurang baik dan disertai dengan pertumbuhan penduduk masyarakat yang semakin meningkat. Sehingga, tidak tampak adanya respon positif dari masyarakat untuk ikut berperan dalam menjaga kualitas air sungai. Padahal masyarakat dapat ikut menjaga sungai dengan cara melakukan pemantauan secara rutin dalam kurun waktu tertentu. Kurangnya kepedulian masyarakat tersebut bukanlah tanpa sebab. Masyarakat merasa direpotkan dengan adanya proses pemantaun kualitas air yang membutuhkan peralatan yang cukup mahal dan belum tentu dapat digunakan oleh semua kalangan masyarakat serta lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mengolah hasil pemantauan tersebut.
Oleh karena itu, dalam proposal project ini diajukan suatu gagasan mengenai kegiatan pemantauan kualitas air dengan menggunakan serangga air yang di namakan “SENSUS SERANGGA AIR”. Penggunaan serangga air sebagai idikator kualitas air ini mempunyai keunggulan 4M yaitu mudah, murah, manfaat dan,  mitigasi pencemaran serta massal. Keunggulan-keunggulan tersebut tentunya dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan proses pemantauan kualitas air kali Surabaya. Dengan adanya kegiatan pemantauan Kali Surabaya terebut dapat memberikan informasi-informasi kepada masyarakat mengenai kondisi perairan Kali Surabaya. Sehingga, masyarakat dapat bersikap lebih bijak dalam menggunakan air dan menjaga kebersihan air dan sanitasi. Sehingga, kebersihan air dapat menjamin kelangsungan kehidupan di bumi. Sebagaimana ungkapan “Wariskan Mata Air  Bukan Air Mata”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar