Sidebar

"Selamat Datang Di Blog KJL SMA Negeri 1 Wringinanom Gresik"

Minggu, 28 November 2010

SENSUS SERANGGA AIR Bagian 2

Cara Mudah, Murah, Manfaat dan Massal Dalam Pemantauan Sungai
Keterangan : Kegiatan sosialisasi Kepada masyarakat kami lakukan dengan mengadakan Pameran Sensus Serangga Air di Surabaya Town Squere dalam rangka Peringatan Hari Anak. Nampak dalam foto saya disamping banner Sensus Serangga Air Brantas.


Nama : Sumarlina
Alamat : Desa Kesamben Kulon, Kecamatan Wringinanom Gresik JATIM
Pelajar Kelas XII SMAN 1 Wringinanom
Telp : 087853191618- email : lyena.one09@yahoo.com
Gresik, 10 Januari 1993

Anggota Tim
1.      Melda Dewi – Desa Lebani Waras wringin Anom –
Kelas 10 SMAN 1 Wringinanom
Gresik 10 september 1994
2.      Ardiansya Nur Wicaksono – Desa Wringinanom Kec. Wringinanom
Kelas 10 SMAN 1 Wringinanom


1.   Penjelasan Singkat Proyek
Air merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat. Air memiliki fungsi yang sangat vital bagi segala aktifitas makhluk hidup. Misalnya sebagai bahan baku air minum, industri, peternakan, rumah tangga maupun sebagai pembangkit listrik. Salah satu sumber air utam di Jawa  Timur ialah Kali Surabaya.
Kali Surabaya merupakan bagian dari DAS Brantas yang mempunyai Daerah Pengaliran Sugai (DPS) seluas 12.000km2, panjang aliran sungai Brantas secara keseluruhan mencapai 320km, berawal dari mata air yang bersumber di lereng gunung Arjuna Malang dan mengfalir melewati 9 kabupaten atau kota lain yang di Jawa Timur. Kali Surbaya mengalir sepanjang 41km, mulai dari DAM Mlirip Mojokerto sampai DAM Jagir Surabaya (Ecoton, 2006).
Kali Surabaya merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat di daerah aliran sungai tersebut. Air Kali Surabaya dimanfaatkan sebagai bahan baku PDAM, kegiatan industri dan pertanian, dilakukan masyarakat sekitarnya.
Namun, kondisi kualitas air Kali Surabaya mulai mengalami penurunan hal tersebut dirasakan sejak dimulainya era industrialisasi di aliran Kali Surabaya. Selain itu, hal ini juga disebabkan karena perilaku masyarakat yang kurang baik dan disertai dengan pertumbuhan penduduk masyarakat yang semakin meningkat. Sehingga, tidak tampak adanya respon positif dari masyarakat untuk ikut berperan dalam menjaga kualitas air sungai. Padahal masyarakat dapat ikut menjaga sungai dengan cara melakukan pemantauan secara rutin dalam kurun waktu tertentu. Kurangnya kepedulian masyarakat tersebut bukanlah tanpa sebab. Masyarakat merasa direpotkan dengan adanya proses pemantaun kualitas air yang membutuhkan peralatan yang cukup mahal dan belum tentu dapat digunakan oleh semua kalangan masyarakat serta lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mengolah hasil pemantauan tersebut.
Oleh karena itu, dalam proposal project ini diajukan suatu gagasan mengenai kegiatan pemantauan kualitas air dengan menggunakan serangga air yang di namakan “SENSUS SERANGGA AIR”. Penggunaan serangga air sebagai idikator kualitas air ini mempunyai keunggulan 4M yaitu mudah, murah, manfaat dan,  mitigasi pencemaran serta massal. Keunggulan-keunggulan tersebut tentunya dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan proses pemantauan kualitas air kali Surabaya. Dengan adanya kegiatan pemantauan Kali Surabaya terebut dapat memberikan informasi-informasi kepada masyarakat mengenai kondisi perairan Kali Surabaya. Sehingga, masyarakat dapat bersikap lebih bijak dalam menggunakan air dan menjaga kebersihan air dan sanitasi. Sehingga, kebersihan air dapat menjamin kelangsungan kehidupan di bumi. Sebagaimana ungkapan “Wariskan Mata Air  Bukan Air Mata”

2. Tujuan Program
Tujuan kegiatan sensus serangga air :
a.      Sebagai media mengajak masyarakat untuk melakukan  pemantauan               sungai.                                                                                                                                                                                                                                                
Selama ini masyarakat belum banyak terlibat dalam proses pemantauan kualitas air sungai karena sistem pemantauan yag hanya dapat dilakukan oleh para ahli, serta membutuhkan peralatan yang mahal proses pengolahan data yang cukup lama. Hal ini mengakibatkan ketidakpedulian masyarakat untuk menjaga dan memantau kondisi sungai. Sehingga, dengan adanya sistem pemantauan sensus serangga air ini, masyarakat didaerah sekitar  Kali Surabaya bersedia melakukan pemantauan kualitas air dengan menggunakan bioindikator serangga-serangga air yang lebih familiar bagi masyarakat.
b.      memberikan informasi kepada masyarakat mengenai kondisi perairan sungai.
Dengan adanya kegiatan pemantauan Sensus Serangga Air dapat memberikan informasi kepada masyarakat mengenai kondisi perairan sungai melalui keberadaan beberapa jenis serangga air. Sehingga, masyarakat dapat menyimpulkan tindakan yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian sungai.
c.      meningkatkan peran serta masyarakat untuk berperan serta dalam upaya menjaga kelestarian sungai
sebagaimana uraian yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa sensus serangga air  memudahkan masyarakat untuk melakukan pemantauan kualitas air. Sehingga, sistem pemantauan ini dapat  menjadi media masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga kelestarian air sungai.
d.      menggugah masyarakat untuk lebih menghargai pentingnya air bagi kehidupan
kegiatan pemantauan sensus serangga air ini memberikan wawasan bagi masyarakat akan pentingnya air bagi kehidupan, baik bagi manusia dan segala aktifitasnya, termasuk tumbuhan dan hewan. Sehingga, manusia dapat lebih menghargai pentignya air sebagai sumber kehidupan semua makhluk hidup.
e.                  sebagai sarana edukasi lingkungan bagi masyarakat
program ini dapat dijadikan sebagai salah satu sarana pembelajaran non formal ( outbond ) kepada masyarakat mengenai lingkungan serta untuk mengenal alam lebih jauh, sehingga masyarakat dapat menyayangi alam dan melindunginya.
f.       sebagai langkah antisipasi terhadap pencemaran
melalui program ini, masyarakat diharapkan dapat meminimalisir adanya pencemaran air melalui tindakan-tindakan yang disimpulkan dari hasil pemantauan kualitas air Kali Surabaya  dengan Sensus Serangga Air. Sehingga, adanya pencemaran air dapat diantisipasi dengan cepat oleh masyarakat.


3.         Pihak-Pihak Yang Terlibat Dalam Program
Program sensus serangga air ini melibatkan beberapa pihak, antara lain:
a.         siswa-siswi sekolah sekitar Kali Surabaya 
Disepanjang Kali Surabaya banyak terdapat sekolah-sekolah yang letaknya berdekatan dengan Daerah Aliran Sungai Kali Surabaya sehingga melalui program ini dapat dijadikan alternatif sarana belajar siswa-siswi tentang lingkungan hidup sekaligus mereka diajak untuk berpartisipasi memantau kualitas air sungai.
Sekolah merupakan instansi pendidikan yang memiliki peranan penting bagi terciptanya masyarakat yang berwawasan lingkungan. Siswa-siswi merupakan tonggak kehidupan pada masa mendatang. Sebagai generasi pemuda , siswa perlu mengetahui informasi-informasi mengenai lingkungan. Sehingga, dapat membangkitkan rasa kepedulian siswa terhadap kelestarian air khususnya Kali Surabaya.
b.      masyarakat sekitar Kali Surabaya
 masyarakat sekitar sungai memegang peranan penting  dalam menjaga kelestarian keaneragaman hayati serta kualitas air Kali Surabaya karena masyarakat merupakan pihak yang bersentuhan langsung dengan Kali Surabaya. Sehingga, masyarakat dapat mengamati kondisi sungai setiap waktu, meskipun hanya melalui kenampakan fisik sungai.
c.      pemerintah desa sekitar Kali Surabaya
pemerintah dapat menggerakkan masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam proses pemantauan kualitas air Kali Surabaya. Masyarakat cenderung melakukan suatu pekerjaan dengan himbauan dari pemerintah desa. Oleh karena itu, pemerintah diharapkan dapat berperan dalam menciptakan sanitasi dan kebersihan air.
d.      organisasi-organisasi kepemudaan masyarakat sekitar Kali Surabaya
organisasi pemuda dapat memberi contoh bagi masyarakat untuk lebih menjaga kualitas air Kali Surabaya demi kelangsungan hidup pada masa mendatang.
e.      LSM Ecoton
            Ecoton (ecological conservation and wet land conservation) merupakan
Lembaga swadaya masyarakat yang beraktifitas dibidang lingkungan dan lahan basah termasuk Kali Surabaya. Lembaga ini membantu terselenggaranya program sensus serangga air Kali Surabaya.
f.       Biotilik Network
Biotilik Network merupakan  jaringan pemantau kualitas air yang menggunakan parameter biologi lebih khusus menggunakan biota tak bertulang belakang indikator kualitas air, memantau kualitas dengan menggunakan Biotilik memungkinkan keterlibatan masyarakat dari segala lapisan untuk mengukur dan mengetahui tingkat kesehatan suatu sungai.
Ibu Daru Setyo Rini MSi sebagai pendiri Biotilik Network sudah bersedia akan memberikan nasehat dan guru bagi kami dalam kegiatan sensus Serangga Air.

4. Sumber Daya Yang Digunakan
Dana ini tidak hanya berupa materi tetapi juga dapat berupa peralatan yang dapat digunakan dalam proses pemantauan kualitas air Kali Surabaya.
a.      sumber dana
dalam program pemantauan sensus serangga air ini, dana yang digunakan berasal dari
1.      Dana Swadaya Tim Sensus Serangga Air
Dana ini diperoleh dari anggota tim yang digunakan untuk kepentingan Program Sensus Air.  Dana ini akan digunakan untuk
-         memfotokopi leaflet yang berisi : a. Petunjuk singkat melakukan sensus serangga air, b. kunci identifikasi serangga air dan c. cara pengumpulan data setelah melakukan sensus
-         Pembuatan 2 buah jaring @ Rp 20.000, nampan dan sendok plastic
-         Pemuatan surat undangan kepada sekolah-sekolah untuk ikut melakukan sensus
2.      Perusahaan disekitar Sungai
Beberapa perusahaan kami ketahui mengambil air sungai Kali Surabaya sebagai bahan baku produksinya sehingga mereka sangat tergantung dengan kualitas air kali Surabaya yang besih, melalui program sensus serangga air diharapkan perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan air dapat ikut serta berpartisipasi melatih karyawan-karyawannya atau karangtaurna yang ada didesa dimana perusahaan itu berada. Bantuan yang kami harapkan tidak hanya bantuan berupa uang namun bisa juga bantuan berupa peralatan sensus seperti jarring, nampan, kaca pembesar, foto kopy leaflet dan sendok plastic.

3.      Bantuan Sekolah SMAN 1 Wringinanom
SMAN 1 Wringinanom saat ini telah masuk dalam jajaran sekolah Adiwiyata Sekolah Berbudaya LingkunganI  Sehingga kbijakan Kepala sekolah sangat mendukung kegiatan peduli lingkungan dan solusi inovatif masalah lingkungan disekitar lingkungan Sekolah Kami, sehingga diharapkan sekolah bisa memberikan  bantuan berupa penyelenggaraan pelatihan KADER SENSUS SERANGGA AIR BAGI Pelajar SMAN 1 Wringinanom dan TRAINING TAHAP II Bagi Sekolah Laih yang ada di Wilayah Kecamatan Wringinanom. kami juga akan menawarkan program training kepada sekolah atau instansi lain apabila mereka berminat maka mereka harus membiayai sendiri dana yang dibutuhkan untuk melakukan training.
4.      Swadaya masyarakat
 Kelompok masyarakat juga bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan membuat jarring sendiri atau secara sukarela mau melakukan sensus disekitar rumah mereka yang tinggal didekat sungai.
             
b.         Peralatan dan Bahan Sensus Serangga Air
       peralatan dan bahan yang dibutuhkan dalam proses pemantauan Sensus Serangga Air antara lain: 
  • Jaring bentos berukuran 1 mm dengan pegangan sepanjang 1,5 meter, Nampan plastik
  • Pinset atau sendok, Cawan petri , Lup, Kamera
  • Plot yang terbuat dari dari pipa berukuran 1 m2.
  • Kantong plastik , Alat tulis  (pena, buku catatan dll) 
  • Kuas, Buku panduan ( berisi bagan kelompok serangga air dan skor untuk tiap jenis serangga untuk menentukan nilai kualitas air pada titik lokasi sensus)

5. Strategi Untuk Menjamin Keberlangsungan Program

Kebersamaan
Program ini dilaksanakan secara bersama dengan beberapa komponen masyarakat seperti siswa, pemerintah desa, organisasi pemuda dan masyarakat sekitar Kali Surabaya. Sehingga, terjalin adanya komitmen bersama untuk melakukan pemantauan sungai. Selain itu, masyarakat tentunya membutuhkan informasi-informasi mengenai kondisi perairan sungai. Hal ini dapat menggugah masyarakat untuk melakukan pemantauan dengan cara sensus serangga air secara periodik dalam kurun waktu tertentu. Hal tersebut untuk mengettahui perkembangan kualitas air sungai dari waktu ke waktu. Selain itu, program ini juga melibatkan siswa-siswi dari sekolah lain serta organisasi masyarakat. Sehingga, muncul adanya komitmen bersama untuk menciptakan suatu kegiatan pemantauan kualitas air demi menjaga kelestasrian sungai.
Melibatkan Pemerintah
Instansi terkait seperti Jasa Tirta, Dinas Pengairan, Badan Lingkungan Hidup sangat terkait dengan program ini karena ikut serta membantu program pemantauan yang dilakukan oleh pemerintah sehingga program ini bisa digunakan oleh Pemerintah.
Memperbarui data dan Sosialisasi
Informasi yang telah dikumpulkan akan selalu di perbaharui dan langsung disosialisasikan kepada masyarakat sehingga kondisi terkini mudah untuk diketahui. Diperlukan media sosialisasi yang cepat, selain menggunakan Koran lokal dan bulletin Sensus Serangga Air akan kami gunakan sarana komunikasi sepeti Facebook, email dan blog untuk mensosialisasikannya.
Membentuk jaringan Kader Sensus
Jaringan yang beranggotakan kader atau masyarakat yang telah ikutserta melakukan sensus sehingga tanggungjawab pemantauan sungai bisa menjadi tanggungjawab bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar