Sidebar

"Selamat Datang Di Blog KJL SMA Negeri 1 Wringinanom Gresik"

Minggu, 28 November 2010

SURAT PEMBACA

WISATA KAMPUNG SAHABAT SUNGAI      
  
     Air merupakan komponen utama dalam kehidupan. Air dibutuhkan manusia, hewan dan tumbuhan demi kelangsungan hidupnya. Tanpa adanya air, tak mungkin ada kehidupan. Khususnya masyarakat yang bermukim di sekitar sungai Kali Surabaya. Kegunaan air di Kali Surabaya yang utama adalah  95% digunakan oleh PDAM ( Sidoarjo, Gresik, Surabaya ) sebagai bahan baku air minum. Air di Kali Surabaya juga digunakan untuk kegiatan sehari-hari, seperti memasak, mencuci, mandi, dll.
     Wajah Kali Surabaya saat ini sudah berubah. Air yang dulunya jernih sekarang keruh. Air yang dulunya bersih sekarang kotor. Dan, air yang dulunya sehat sekarang mematikan. Perubahan ini, mengakibatkan rusaknya ekosistem dan biota-biota air. Kenyataan ini disebabkan oleh berbagai industri dan masyarakat yang membuang limbah cair dan padat ke Kali Surabaya. Limbah yang dibuang oleh industri tidak diolah terlebih dahulu dan pembuangannya juga tidak adanya IPAL.  Pembuangan limbah tersebut, menyebabkan 56% penderita kanker ada di Jawa Timur ( tepatnya penderita kanker tinggal di bantaran sungai Kali Surabaya).Parahnya lagi, masyarakat yang bermukim disekitar Kali Surabaya tidak mengetahui kondisi air sungai saat ini. Kesadaran dan kepedulian masyarakat sangat diharapkan demi mata air yang sehat untuk diwariskan untuk anak cucu kita kelak.
     Berangkat dari fakta kondisi air sungai di Kali Surabaya, TIM KIR SMAN 1 WRINGINANOM berupaya mewujudkan air bersih dengan megadakan kegiatan Wisata Sungai. Wisata Sungai ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar peduli dan cinta terhadap air sungai di  Kali Surabaya. Wisata Sungai ini mempunyai beberapa paket unggulan, yang disebut 5 in 1( five in one ) meliputi pengenalan( mengenalkan wajah fisik air yang sudah tercemar, area bantaran yang alami dan sudah di alih fungsikan menjadi tempat pembuangan sampah dan pembuatan batu bata ), patroli( mengajak masyarakat untuk melakukan pemantauan di tiga titik “ titik pertama : bersih, titik kedua : tercemar sedang , titik ketiga : tercemar tinggi”), pembelajaran ( memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang cara melakukan pemantauan kualitas air ), penanaman ( setiap individu yang terlibat dalam Wisata Sungai diwajibkan untuk menanam pohon sebagai bukti akan kecintaan terhadap kondisi air di Kali Surabaya), bonus ( menyuguhkan minuman TOGA ). Wisata Sungai juga mempunyai fasilitas demi keserasian antar individu yang terlibat meliputi kaos, topi, dan pin. Pelaksanaan Wisata Sungai ini dilakukan diwaktu hari libur. Transportasi yang digunakan adalah sepeda santai. Wisata Sungai ini dilaksanakan di bagian hilir Kali Brantas ( Ds. Wringinanom, Ds. Lebani, Ds. Sumengko ).
     Tercemarnya air sungai di Kali Surabaya merupakan ancaman bagi masyarakat yang bermukim di sekitar Kali Surabaya. Pencemaran air di Kali Surabaya dapat dipulihkan kembali apabila dilakukan bersama-sama. Maka dari itu, keikutsertaan masyarakat dalam berpartisipasi di kegiatan ini sangat diharapakan demi keberlangsungan program. Selain itu, TIM KIR SMAN 1 WRINGINANOM mengharapkan sumbangan kerelaan dari semua pihak yang mau menyumbang sepeda santai dan kamera untuk kelancaran kegiatan Wisata Sungai ini. Dengan demikian, mari bersama-sama menyelamatkan air sungai di Kali Surabaya untuk anak cucu kita kelak.


                                                                                                        Alfiatur Rizqi
           Tim KIR SMAN 1 WRINGINANOM-GRESIK
                                                                                                     (quw27_94@ymail.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar