Sidebar

"Selamat Datang Di Blog KJL SMA Negeri 1 Wringinanom Gresik"

Minggu, 28 November 2010

Wisata Sungai

Air adalah salah satu sumber daya alam yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup. Air di bumi tersebar dalam berbagai macam, diantaranya yaitu air tanah, air laut, dan air sungai. Bagi masyarakat yang bermukim di sekitar sungai, air sungai merupakan kebutuhan pokok setelah nasi, salah satunya yaitu air di Kali Surabaya. Air di Kali Surabaya sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekitar untuk kegiatan sehari-hari. Antara lain, air digunakan untuk memasak, mencuci, menyiram tanaman, dll. Namun, kegunaan air yang paling utama adalah sebagai sumber air minum.
      Selain itu tidak dapat dipungkiri, bahwa air sungai di Kali Surabaya kondisinya sudah teramat memprihatinkan. Air sungai yang dimanfaatkan oleh masyarakat saat ini sudah tercemar. Yang mengakibatkan tercemarnya air sungai di Kali Surabaya adalah kegiatan masyarakat sekitar yang tidak memperhitungkan dampak yang akan ditimbulkan. Selain itu ada sebagian industri yang membuang limbahnya ke sungai, kemudian tercampurnya air sungai dengan zat-zat kimia dari rumah tangga seperti bekas air cucian yang mengalir ke air sungai di Kali Surabaya. Mereka tidak tahu bahwa apabila air sungai itu tercemar, maka sudah tidak dapat digunakan lagi, karena air sungai yang tercemar sudah beracun. Sehingga apabila digunakan sebagai air minum, dapat menyebabkan keracunan bagi masyarakat yang mengkonsumsinya. Masyarakat juga belum menyadari apabila air sungai terus tercemar akan mempengaruhi anak cucunya kelak.  Oleh karena itu, program ini dibuat untuk mengubah pandangan masyarakat agar ikut serta menjaga dan peduli terhadap pentingnya air bersih di sungai dengan adanya program Wisata Sungai. Kepedulian masyarakat sangat diperlukan untuk mendukung kesuksesan program Wisata Sungai. Di samping itu, program Wisata Sungai mempunyai tujuan untuk memberitahukan kepada masyarakat akan pentingnya air bersih khususnya di sungai Kali Surabaya yang kondisinya sudah tercemar dengan mengajak masyarakat untuk melakukan pemantauan setiap saat terhadap air sungai di Kali Surabaya.
Tujuan dari kegiatan Wisata Sungai ini, meliputi :
  1. Memberitahukan kepada masyarakat akan pentingnya air bersih
  2. Memberitahukan kepada masyarakat bahwa kondisi sungai kita sudah tercemar
  3. Menumbuhkan kepedulian masyarakat akan pentingnya menjaga sungai
  4. Sebagai sarana wisata berbasis lingkungan
  5. Memberikan alternatif yang lebih mudah untuk memantau kualitas air
  6. Menggugah masyarakat untuk terus merawat dan melindungi air sungai
  7. Menghimbau masyarakat tentang cara – cara merawat air sungai yang  baik
      Program Wisata Sungai ini memiliki beberapa kegiatan diantaranya :
1.      Menyebarkan brosur ke masyarakat yang bermukim disekitar sungai serta  pada siswa di luar lingkungan sekolah yang berisi tentang kegiatan dalam program Wisata Sungai.
2.      Mengadakan sosialisasi kepada masyarakat  tentang pentingnya air bersih serta mengajak masyarakat untuk peduli terhadap kondisi air sungai yang sudah terancam.
3.      Mengajak masyarakat dan siswa untuk melakukan Wisata Sungai dengan rute-rute yang sudah ditentukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar